Manfaat Brokoli Hijau Dan Cara Memasaknya

Jika Anda peminat sayur-sayuran, tentu tidak asing dengan sayur yang mempunyai nama brokoli, bukan? Memiliki pohon yang kecil, sayuran berwarna hijau ini ternyata kaya bakal nutrisi yang berfungsi untuk Anda, lho. Manfaat brokoli hijau di antaranya diandalkan  dapat berkontribusi untuk menciptakan tulang kita menjadi sehat, menolong mencegah kanker, dapat menambah vitamin D, serta menciptakan Anda terlihat tahan lama muda.

Kendati rasanya tidak digemari semua orang, tetapi brokoli dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam susunan menu harian Anda. Karena dalam secangkir brokoli (100 gram), ada sekitar 2,6 gram serat. Brokoli adalahsayuran sumber serat yang dapat membantu sistem pencernaan Anda. Sayuran ini dapat dimakan secara mentah, memasaknya, atau mengukusnya.


Tidak melulu baik guna Anda, brokoli pun sangat baik guna anak-anak. Beragam vitamin terdapat dalam sayur yang berukuran kecil ini. Di antaranya yaitu vitamin C, B6, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Tidak melulu itu, sayur ini pun berisi protein, air, karbohidrat, dan zat lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ialah beberapa guna brokoli hijau guna Anda, yakni:


  • Membantu turunkan kolesterol

Kandungan serat yang gampang larut pada sayur ini bisa mempermudah Anda guna buang air besar (BAB). Di samping itu, brokoli diandalkan  dapat menolong menurunkan kolesterol, terutama andai disajikan dengan teknik dikukus.


  • Membantu menangkal kanker

Memakan sayuran laksana brokoli hijau dengan jumlah yang tidak sedikit dapat menurunkan risiko kita untuk terpapar kanker usus besar dan paru-paru. Brokoli berisi sulforaphane yang adalahsenyawa yang berisi sulfur, senyawa berikut yang menyerahkan rasa pahit pada brokoli. Kandungan berikut yang menciptakan sayuran berwarna hijau itu memiliki keterampilan untuk melawan penyakit kanker. Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 5 porsi sayuran per minggu, mempunyai risiko lebih rendah terpapar kanker paru-paru.

  • Dapat menambah vitamin D

Kekurangan vitamin D ialah masalah besar. Kendati brokoli tidak mempunyai kandungan vitamin D yang tinggi, tetapi brokoli berisi vitamin A dan K yang dapat menolong menjaga metabolisme vitamin D Anda supaya tetap seimbang. Jika Anda sering mengonsumsi suplemen vitamin D, pastikan menambahkan brokoli di dalam menu harian Anda guna mengimbangi efek dari suplemen itu ya.

  • Membantu Anda tampak lebih muda

Brokoli berisi tidak sedikit antioksidan, tergolong vitamin C. Vitamin C diketahui dapat menolong melawan kehancuran kulit yang diakibatkan oleh penyampaian sinar matahari dan polusi. Salah satu guna brokoli hijau lainnya ialah dipercaya bisa melawan keriput dan menolong memperbaiki tekstur kulit kita secara keseluruhan.

  • Membantu meminimalisirkan penyakit dampak diabetes

Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli diperkirakan dapat mencegah kehancuran pembuluh darah kecil yang diakibatkan oleh kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes. Namun, urusan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang ada dalam sayur ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Daya imun yang powerful dapat menolong Anda dalam melawan infeksi.

  • Memberikan kontribusi guna kesehatan t ulang

Sayuran brokoli hijau mempunyai kandungan kalsium yang lumayan tinggi. Jika kita mengonsumsi sayur ini, maka brokoli bisa berkontribusi guna kepadatan tulang yang lebih sehat, dan bahkan berpotensi menangkal osteoporosis. Dalam 100 gram brokoli, minimal ada 47 miligram kalsium. Di samping itu, kandungan vitamin K dalam satu mangkuk brokoli bisa memenuhi keperluan vitamin K harian Anda.

Berbicara tentang brokoli, di samping berisi segudang guna sebenarnya ada tidak sedikit bahan masakan yang dapat dimasak dengan brokoli. laksana halnya tumis brokoli dan wortel.

Berikut resepnya.

Bahan

  • 1 bungkul brokoli (potong kecil-kecil cocok selera)
  • 1 buah wortel (kupas kulitnya, iris bundar tipis cocok selera)
  • Minyak goreng (secukupnya, guna menumis)
  • Air (secukupnya)


Bumbu

  • 5 siung bawang merah (cincang halus)
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 4 buah cabai rawit (iris kecil-kecil)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, bila suka)


Cara Memasak

  1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabai kemudian tumis hingga layu.
  2. Masukkan brokoli, tambahkan garam, merica bubuk dan gula. Masak sejumlah menit sampai brokoli separuh matang.
  3. Selanjutnya, masukkan wortel dan aduk-aduk rata. Tambahkan tidak banyak air kemudian masak hingga brokoli pun wortel matang serta empuk. 
  4. Terakhir, supaya tumis brokoli dan wortel kian sedap, tambahkan kaldu ayam bubuk secukupnya. Jangan banyak-banyak supaya tumis tidak keasinan. 
  5. Tumis brokoli dan wortel yang paling sederhana tetapi enaknya juara siap guna disajikan bareng nasi putih, tempe goreng atau ikan goreng pun kerupuk.

0 Response to "Manfaat Brokoli Hijau Dan Cara Memasaknya"

Posting Komentar