Manfaat Tommat Dan Cara yang Benar Memasak Tomat Supaya Kandungan Gizi Tidak Hilang

Apakah Anda suka mengkonsumsi tomat? Atau barangkali produk olahan tomat? Bila jawaban Anda ialah ya, usahakan kita pertahankan urusan yang kita sukai tersebut. Makanan yang bentuknya yang serupa bilik-bilik jantung tersebut, dipercayai memiliki tidak sedikit kandungan yang dominan  positif untuk kesehatan. Penasaran? Berikut sejumlah manfaat tomat untuk kesehatan Anda.

Manfaat tomat untuk kesehatan
Status tomat sebagai buah atau sayur, memang masih menjadi sebuah keadaan bingung dan jawaban yang kita dapatkan bahkan bakal berbeda-beda tergantung pada siapa kita menanyakannya. Seperti dikutip dari National Geographic, dengan pertimbangan keberadaannya dalam undang-undang perpajakan ongkos barang import, tomat tergolong dalam jenis sayur. Namun, menurut teknik tomat tumbuh, jawaban yang bertolak belakang sepertinya bakal Anda dapatkan bila Anda menanyakannya kepada berpengalaman tumbuhan.


Namun pasti saja kedudukan tersebut pasti tidak mempengaruhi guna tomat untuk kesehatan.

1. Kesehatan jantung
Bukan melulu bentuknya yang serupa jantung, kandungan yang dipunyai tomat ternyata pun mampu mengawal kesehatan jantung. Beberapa kandungan yang dipunyai oleh tomat dan dipercayai memiliki akibat positif untuk kesehatan jantung, antara lain:

Likopen. Berdasarkan review sejumlah penelitian yang dipublikasikan dalam Current Medicinal Chemistry, ada hubungan positif antara likopen dengan kesehatan jantung. Karakteristik likopen terhadap lemak dipercayai mampu menanggulangi rusaknya ikatan lemak dalam darah dan mengendalikan kadar berlebihan lemak dalam darah, yang dapat memicu situasi terhambatnya pembuluh darah (aterosklerosis). Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa likopen memiliki keterampilan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Beta karoten. Suatu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa lelaki dengan konsumsi beta karoten yang tinggi dapat memperkecil kesempatan dirinya terserang sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme ialah suatu gangguan proses metabolisme pada tubuh kita yang ditandai dengan tingginya desakan darah, tingginya gula darah, tingginya kadar gula dalam darah dan besarnya lingkar pinggang.

Vitamin C. Suatu riset yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition untuk 100.000 partisipan sukses mengungkapkan bahwa, tingginya kadar vitamin C dalam plasma darah bisa menurunkan kesempatan seseorang untuk merasakan penyakit jantung.

2. Kesehatan tulang
Likopen, selain dominan  positif terhadap kesehatan jantung, ternyata pun bermanfaat untuk kesehatan tulang. Suatu riset yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research sukses mengungkapkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam tomat bisa menurunkan peluang seseorang merasakan patah tulang. Sehingga dapat diputuskan bahwa salah satu guna tomat ialah dapat menangkal perkembangan osteoporosis dalam tubuh seseorang.

3. Kesehatan mata
Keberadaan beta karoten dalam tomat, di samping memberi guna tomat untuk kesehatan jantung ternyata pun mampu mengawal kesehatan mata Anda. Hal ini dikarenakan ketika dicerna, beta karoten akan pulang menjadi vitamin A. Terlebih tomat yang pun berisi vitamin A menjadikan tomat semakin kaya bakal vitamin A.

Manfaat tomat ini didukung oleh suatu riset yang dilaksanakan oleh Linus Pauling Institute yang mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A dapat meningkatkan produktivitas retina khususnya dalam penyinaran yang tidak cukup dan dalam menginterpretasikan warna serta menambah perkembangan mata.

Selanjutnya. . . Agar kandungan tomat bisa bermanfaat maksimal untuk kesehatan, ada sejumlah tips yang usahakan diacuhkan sebelum mengkonsumsi buah kaya guna ini. Berikut ini tipsnya:

1. Sebelum dikonsumsi, sebagaimana kita tahu, tomat mesti dibersihkan dengan air dingin baru lantas dikeringkan.

2. Jika Anda mengharapkan seluruh guna tomat, usahakan tomat dicukur setengah horizontal dan lantas diperas sebagai jus. Hanya saja terkadang biji tomat kadang dibuang. Padahal ada tidak sedikit nutrisi yang berharga dalam biji tomat.

3. Ketika memasak tomat, usahakan dihindari memakai peralatan masak dari bahan aluminium. Alasannya, kandungan asam yang tinggi dari tomat bisa berinteraksi dengan logam di perlengkapan masak tersebut. Akibatnya, bisa jadi ada zat aluminium yang “mencemari” makanan. Kemungkinan selain menciptakan rasa yang tidak menyenangkan, yang lebih penting, dominan  tidak baik untuk kesehatan.

4. Bila memungkinkan, usahakanlah untuk mengembangkan resep masakan yang memakai seluruh tomat. Penelitian mengindikasikan kandungan lycopene yang lebih tinggi ada pada buah tomat utuh.

0 Response to "Manfaat Tommat Dan Cara yang Benar Memasak Tomat Supaya Kandungan Gizi Tidak Hilang"

Posting Komentar